Senin, 01 Desember 2014

Garuda Indonesia Business Class Experience Boeing 777-300 ER : Bali - Jakarta

Garuda Indonesia Business Class Boeing 777-300ER. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Ini adalah kedua kali saya naik kelas bisnis Garuda Indonesia untuk tujuan domestik. Saat liburan ke Labuan Bajo dan sekitarnya minggu kemaren, saya berkesempatan untuk menikmati perjalanan kembali ke Jakarta dari Bali dengan kode penerbangan GA 421 yang menggunakan pesawat Boeing 777-300 ER, setelah beberapa bulan sebelumnya hanya sempat menikmati kursi kelas ekonomi dalam penerbangan dari Jakarta ke Narita.


Sebelum Terbang

Garuda Executive Lounge di Ngurah Rai International Airport adalah fasilitas gratis jika kita terbang di kelas bisnis. Saya mencoba untuk mencicipi beberapa makanan dan snack sebelum terbang. Selain cukup lapar, saya juga ingin sedikit bersantai setelah perjalanan yang melelahkan selama 2 hari 1 malam berada diatas perahu untuk trip melihat Komodo dan snorkeling dari Labuan Bajo ke Pulau Rinca pulang pergi.

Nasi, sayuran, ayam dan ikan asam manis. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Aneka buah potong. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
 Bording Time

Tentunya penumpang kelas bisnis berhak untuk priority check in terlebih dahulu. Setelah memasuki pesawat yang masih relatif cukup baru, saya langung menuju kursi saya. Yes.. window seat please. Kelas bisnis di pesawat jenis ini dalam satu barisnya memiliki konfigurasi kursi 1-2-1. Jadi setiap orang mendapat akses ke lorong dan kesan legapun terasa. Hal ini jauh berbeda dengan pengalaman terbang saya dengan Emirates Business Class Jakarta-Dubai-Houston yang memiliki konfigurasi 2-3-2.
Boarding pass. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Welcome drink dan handuk hangat. Foto kredit - Carl Fakauddin 2014
Saya dan Sepatu Asics yang masih baru debu Pulau Rinca. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Kursi yang dapat diluruskan hingga 180 derajat dan dilengkapi dengan pijat diarea pinggang sangat nyaman sekali selama perjalanan serasa punya tukang pijat pribadi. Tepat sekali setelah capek dari treking di Pulau Rinca dan snorkeling sangat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Meskipun belum mandi seharian, wajah kusut, dan masih memakai sepatu trekking dengan sedikit memakai aroma parfum sudah menghilangkan bau keringat. Dan saya ingin menikmati penerbangan ini dan berbagi cerita.
Tombol pengaturan kursi. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Audio, Multimedia & Bacaan

Headset dipenerbangan ini sangat nyaman dan besar, sangat jauh berbeda dengan headset di kelas ekonomi. Sistem hiburan dan audiovisualnya juga lebih lengkap. Layar sentuh yang cukup besar dan sangat rensponsif jika dibanding dengan armada Garuda Indonesia Boeing 733-800 dan Airbus A330. Banyak fitur film terbaru dan film-film yang pernah masuk box office. Pilihan musik juga sangat variatif. Hanya saja untuk subtittle filmnya hanya ada dalam bahasa Mandarin/Jepang kalau tidak salah. Itung-itung sekalian latihan listening untuk tes IELTS/TOEFL.
Suasana kabin Business Class. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Majalah  Colours & Info tarif wifi. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Harian Kompas. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Jakarta Post Newspaper. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Semua materi bacaan berada di samping kursi. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Food & Beverages


Menu makanan lebih besar ukurannya terdiri dari roti dan butter  sebagai makanan pembuka. Untuk menu utama ada dua pilihan saat penerbangan kemaren, yaitu spaghetti atau opor ayam. Saya memilih opor ayam lengkap dengan lontong, ikan, sayur labu dan tempe oreknya. Untuk makanan penutup terdiri dari aneka buah potong dan puding dari ketan hitam dengan saus putih kental dengan bahan dasar santan. Pilihan minuman hampir sama dengan di kelas ekonomi yaitu aneka jus buah, kopi, teh, softdrink dan bir. Penerbangan domestik Garuda Indonesia tidak menyediakan wine.
Menu makan malam. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Opor Ayam. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Bread & Butter. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Aneka buah potong dan selembar daun mint. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Pudding ketan hitam. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Landing


Akhirnya sampai juga di Jakarta dengan tepat waktu dan tanpa delay. Pengambilan bagasipun berada di konter khusus untuk penumpang Business Class jadi tidak perlu lagi mengantri di tempat pengambilan bagasi. Sangat nyaman menikmati penerbangan Business Class Garuda Indonesia dengan Boeing 777-300 ER nya. Semoga dilain kesempatan bisa menikmati kursi ini lagi untuk penerbangan jarak jauh seperti ke Amsterdam atau ke London.

Narsis dikit boleh kan? Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Ingin merasakan pengalaman terbang dengan Garuda Indonesia Boeing 777-300ER untuk rute Jakarta-Bali? Pastikan saat booking online klik detail untuk memastikan jenis pesawatnya. Untuk rute internasional jenis pesawat ini juga sudah digunakan untuk penerbangan Jakarta-Tokyo, Jakarta-Amsterdam-London dan Jakarta-Jeddah.

Berikut video tentang Garuda Indonesia Boeing 777-300ER

Tidak ada komentar: