Senin, 08 September 2014

Snorkeling di Bunaken, Manado, Sulawesi Utara


Video Snorkeling di Bunaken.

Bunaken adalah taman laut yang cukup tersohor di Indonesia. Terletak beberapa kilometer sebalah utara Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Pulau ini menawarkan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Untuk wisata yang gemar menyelam dan snorkeling, Taman Laut Bunaken merupakan spot yang wajib dikunjungi. 

Setelah hasil pencarian tiket pesawat di beberapa website airline, akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke Manado di liburan lebaran tahun ini. Akhirnya pilihan terbang menggunakan Garuda Indonesia, setelah sejak April 2012 saya jarang liburan dan bepergian karena baru pindah kerja di Jakarta sampai-sampai GarudaMiles saya di downgrade dan Silver ke Blue. Lebaran tahun ini saya tidak pulang karena tiket pulang-pergi Jakarta-Semarang jauh lebih mahal daripada tiket Jakarta-Manado. Berkat saran seorang temen, sayapun akhirnya menukarkan poin di kartu kredit menjadi miles di GarudaMiles saya. Alhasil, saya mengupgrade tiket Jakarta-Manado ke Business Class. Karena flight nya malam hari dari Jakarta dan perjalanan lamanya hampir 3 jam. Dan ini merupakan perjalanan pertama saya di Business Class Garuda untuk penerbangan domestik.

Perjalanan ini merupakan kali pertama saya berwisata ke Pulau Sulawesi. Akhirnya kesampaian juga cita-cita saya untuk mengunjungi pulau ini. Saya berkeinginan menginjakan kaki paling tidak ke pulau-pulau terbesar di negeri ini dan mengenal ragam keindahan alam dan budayanya. 
Saat berfoto narcis di Timur Pulau Bunaken
Setelah banyak membaca berbagai blog tentang Taman Laut Bunaken, banyak opini yang kecewa dengan terumbu karang dan penyewaan perahu seperti tulisan disini. Saya kemudian mencari referensi yang lain. Akhirnya saya menemukan review tentang bunaken disini dan menghubungi Pak Syarif pemilik perahu yang adalah penduduk asli Pulau Bunaken. Tarif sewa perahu sebesar Rp. 750.000 untuk ukuran kecil dengan jumlah maksimal 8. Untuk perahu lebih besar adiknya Pak Syarif juga menyewakan kapal dengan kapasitas 15-20 orang. Di pelabuhan Manado banyak sekali calo-calo yang menawarkan jasa penyewaan kapal ke Bunaken. Menurut Pak Syarif mereka kebanyakan tidak punya kapal dan mematok harga yang lebih tinggi. Banyak turis pun mengeluh, karena banyak yang merasa tertipu.

Perlu diketahui harga sewa perahu belum termasuk alat snorkeling, pakaian snorkeling, dan jasa foto di bawah air. Kebetulan saya membawa underwater pocket kamera yang baru saya beli beberapa hari sebelum trip ini. Jadi saya sangat antusias untuk mengetes kemampuan kamera Olympus Stylus Tough-3 saya.
Jembatan yang akan menjadi Landmark baru kota Manado. Foto Kredit - Carl Fakaruddin 2014
Pak Syarif dan Pulau Manado Tua disebelah kiri. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Selamat Datang di Bunaken

Setelah sekitar 30-40 menit perjalanan tibalah saya di Pulau Bunaken. Disini saya kemudian menyewa baju snorkeling untuk melindungi tubuh jika tergores karang karena saya masih pemula untuk urusan snorkeling, sewa kaki katak dan masker snorkeling, total semuanya 150 ribu rupiah.
Selamat Datang di Pulau Bunaken. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Spot Snorkeling 1

Perjalanan kemudian dilanjukan menuju bagian Barat Daya Pulau Bunaken. Sayapun menikmati snorkeling disini sekitar 30 menit. Sayang memang karang disini sudah kurang bagus. Dengan membawa satu bungkus biskuit yang sayapun memberi menarik perhatian ikan-ikan karang dan dengan bantuan asistennya Bapak Syarif yang dengan senang hati memotret saya yang sedang dikerumini ikan-ikan.
Spot snorkelling pertama di Barat Daya Pulau Bunaken. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Foto bersama ikan-ikan. Foto kredit - Asisten Pak Syarif
Memberi makan ikan dengan biskuit. Foto kredit - Asistennya Pak Syarif
Ikan dan Terumbu Karang. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Kesempatan inipun saya gunakan untuk memotret dan mengambil video dibawah air. Ini pengalaman saya memotret dan merekam kehidupan bawah air laut. Sangat menantang dan lumayan susah, karena ikan-ikan yang selalu bergerak jadi susah fokus. Namun, saya cukup puas dengan kamera baru saya.
Batu karang di Pulau Bunaken. Foto kredit Carl Fakaruddin -2014
Kamipun kembali ke Pulau Bunaken untuk makan siang di warung dengan menu ikan bakar dan tumis kangkung. Setelah makan sayapun berjalan menyusuri pantai kearah timur. Ada beberapa diving resort/cottage disini yang menawarkan pemandangan langsung ke laut. Namun sangat sayang kondisi pantainya kurang bersih dan banyak sampah. Jalan-jalanpun saya lanjutkan dengan berbelanja oleh-oleh, saya membeli beberapa kaos dan hiasan magnet buat ditempel di lemari es. Harga kaos cukup murah disini. Menikmati kesegaran kelapa muda ditepi pantai juga hal yang tidak boleh dilewatkan di Bunaken.

Spot Snorkeling 2

Setelah kenyang dan puas dengan belanjaan, sayapun melanjutkan snorkeling di spot berikutnya disebelah timur pulau ini. Beda jauh dengan spot sebelumnya, karang disini sangat hidup dan bervariasi. Kedalaman airpun dibeberapa tempat cuma 1 meter, jadi harus ekstra hati-hati jika tidak mau tubuh kita tergores oleh karang. Airnya sangat jernih dan cukup hangat.
Terumbu karang di sebelah timur Pulau Bunaken. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Terumbu karang di sebelah timur Pulau Bunaken. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Terumbu karang di sebelah timur Pulau Bunaken. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Spot ini adalah surga bawah laut Bunaken menurut saya. Ini adalah lokasi snorkeling paling indah yang pernah saya kunjungi setelah pengalaman snorkeling pertama saya di Gili Trawangan dan sekitar Pulau Krakatau. Terumbu karang di bagian Timur Pulau Bunaken adalah yang paling cakep!! 

Terumbu karang adalah pembentuk batuan karbonat yang bisa menjadi reservoir minyak dan gas karena memiliki pori-pori batuan. Mungkin puluhan atau ratusan juta tahun lagi terumbu karang disini bisa menjadi sumber minyak bumi. Dengan snorkeling kitapun bisa belajar ilmu sedimentologi batuan karbonat. Karena saya bukan ekpertis karbonat saya hanya menikmati keindahan alam ini dan mensyukuri ciptaan Tuhan yang indah ini.
Memotret Terumbu Karang lebih dekat. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Ikan Orange dan Terumbu Karang. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Saya sangat beruntung sekali bisa menemukan Bintang Laut, warnanya biru pula. Sangat cantik. Hanya beberapa meter dari tempat saya snorkeling terdapat dinding karang curam yang dalam. Disinilah banyak penyelam melakukan penyelaman dan menikmati keindahan bawah laut. Air laut dibagian yang dalam ini berwarna biru lebih gelap dan temperaturnya lebih dingin.
Bintang Laut berwana biru. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Surga Bawah Laut Bunaken. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Aneka Ragam Ikan Karang di Bunaken. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Keanekaragaman karang di perairan Bunaken. Foto kredit- Carl Fakaruddin 2014
Pulau Siladen

Sayapun melanjutkan perjalanan ke Pulau Siladen disebelah timur Pulau Bunaken. Sayang spot snorkeling yang saya dapatin kurang ciamik. Sayapun berekperimen dengan memotret tepat dipermukaan air laut, seperti gambar dibawah ini. Nampak perbukitan di pulau Sulawesi bagian utara dan dinaungi awan.
Foto dari perairan Pulau Siladen. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Setelah keluar dari aktifitas di dalam air, sayapun berjalan kaki menikmati pantai dipinggiran Pulau Siladen. Suasana yang tenang dan hempusan angin membawa kedamaian. Jauh dari hiruk pikuk ibu kota Jakarta.  Menikmati aktiftas penduduk lokal, anak-anak bermain voli pantai dan kesibukan para nelayan di siang yang terik sungguh sangat menyenangkan. Setelah berjalan kaki sekitar 20 menit akhirnya saya menemukan Siladen Resort dan memesan Mango Mint Juice untuk menghilangkan dahaga dan bersantai sejenak di pulau ini. Sayapun ingin kembali lagi kesini suatu saat nanti.
Perahu nelayan di pantai Pulau Siladen. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014
Mango Mint Juice di Siladen Resort. Foto kredit - Carl Fakaruddin 2014

8 komentar:

Sandy Said mengatakan...

Ini juga paket murah wisata kebunaken tahun 2015 ;
1.paket perahu kaca atau katamaran,perahu ini dilengkapi dgn dinding-dinding kaca intuk melihat keindahan panorama bawa laut,dgn maksimal 15-20 orang dgn harga rata-rata 1juta 300ribu untuk pergi pulang.
2. Speat Boat maksimal penumpang 10 orang dgn harga 850 ribu untuk pergi pulang.
Bisa hubungi langsung pak sandy asli orang bunaken dan profesional Hp; 085240296655

Michael Jonathan mengatakan...

Mantap Carl... Keren blog nya!

TOUR BUNAKEN 085396606686 mengatakan...

#info harga ke bunaken
Sewa boat murah tanpa calo? RP 600.000 .max 1-6 orang yaitu carter
Info hub 085396606686

TOUR BUNAKEN 085396606686 mengatakan...

#profesional asli bunaken
Harga kapal tentu saja murah! Tapi bukan murahan berhubung saya punya kapal sekaligus captain boat. Maka harga kapal dari saya yaitu 600.000 jika minat hub saya 085396606686

Marwan bunaken Marwan mengatakan...

info harga sewa kapal ke bunaken dgn harga Rp 500.000/boat pergi pulang tanpa calo (perantara)
Hb marwan bunaken di Hp 081340351560,cma di sini yg murah meriah.

Marwan bunaken Marwan mengatakan...

harga sewa kpal ke bunaken sbb:
Speed boat 1-6 orng Rp 500.000/boat pp,
ketamaran/perahu kaca 1-15 orng Rp 1.000.000/boat pp.
hb bpk marwan bunaken di Hp 081340351560,,ingat2 ya cma di sini yg murah meriah.

Mp Blogger 3 mengatakan...

Bagus artikelnya
Bunaken emang oke
Semoga tempat wisata indonesia makin keren

hanbo mengatakan...

Ada no TLP pak Syarif?