Selasa, 24 Juni 2014

Parade Topeng Nusantara di Jakarnaval 2014

Pemudi mengenakan pakaian tari tradisional Betawi. Foto oleh Carl Fakaruddin 2014

Untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta yang ke-487 tahun ini kembali diadakan Jakarnaval 2014. Acara ini adalah serangkaian karnaval berupa parade budaya yang diikuti oleh dinas dan instasi terkait dipemerintahan DKI Jakarta, kelompok masyarakat, pelajar dan perusahaan. Adapun tema tahun ini adalah parade topeng nusantara. Berbeda dengan tahun lalu yang hampir mirip dengan Jember Fashion Carnival. 

Peserta Parade Topeng di Jakarnaval 2014. Foto oleh Carl Fakaruddin 2014
Jakarnaval selalu diadakan di pertengahan bulan Juni dan merupakan even puncak dari pesta ulang tahun Jakarta, selain Jakarta Great Sale yang diadakan sepanjang bulan and pesta rakyat yang biasanya diadakan malam sebelum Jakarnaval.
Peserta Jakarnaval 2014. Foto oleh Carl Fakaruddin 2014
Jakarnaval dimulai sore hari sekitar jam 4 sore dari Balai Kota Jakarta. Jalan Thamrin dan Sudirman selalu ditutup untuk acara ini dan arus lalu lintas akan dialihkan sampai sekitar pukul enam. Mulai pukul dua sebagian masyarakat Jakarta sudah memadati pinggiran jalan Thamrin untuk mendapatkan spot terbaik menikmati karnaval. Rute karnaval adalah dari Bali Kota - Jalan Thamrin sampai Bundaran Hotel Indonesia.
Peserta Jakarnaval 2014. Foto oleh Carl Fakaruddin 2014
Salah satu atraksi di Jakarnaval 2014. Foto oleh Carl Fakaruddin 2014
Karena acara ini gratis, antusias warga Jakarta dan sekitarnya sangat besar sekali. Banyak turis asing juga menikmati karnaval tahun ini. Para fotografer baik yang profesional juga amatir juga menjadikan even ini sebagai tempat hunting untuk menambah portfolio mereka.
Keceriaan warga Jakarta di Jakarnaval 2014. Foto oleh Carl Fakaruddin 2014
Parade budaya tidak hanya menampilkan budaya Betawi seperti ondel-ondel, tarian, dan musik betawi. Tetapi juga menampilkan parade budaya dari daerah lain di Indonesia, seperti gamelan dari jawa, parade budaya dari Papua dan tari Saman dari Aceh.

Parade Gamelan di Jakarnaval 2014. Foto oleh Carl Fakaruddin 2014
Instasi seperti Dinas Kebersihan dan Museum Bahari juga tidak mau ketinggalan beraksi dengan kreatifitasnya. 
Pasukan Oranye dari Dinas Kebersihan di Jakarnaval 2014. Foto oleh Carl Fakaruddin 2014
Kontingen Museum Bahari dengan Perahu Pinisinya. Foto oleh Carl Fakaruddin 2014
Terlepas dari gegap gempitanya karnaval ini, perilaku penonton masih agak kurang tertib. Terjadi penyempitan arena untuk peserta karnaval karena masyarakat sangat antusiasnya dan mendekatkan diri dengan peserta karnaval. Namun, petugas keamanan dan satpol PP membantu merapikan barisan penonton berkali-kali.
Kontingen menggunakan baju khas Betawi dan topeng. Foto oleh Carl Fakaruddin 2014
Selain parade dengan berjalan kaki. Peserta karnaval juga menggunakan kendaraan hias dengan bunga atau media lainnya, sebagian dilengkapi dengan musik dan lagu Betawi.
Kendaraan hias peserta Jakarnaval 2014. Foto oleh Carl Fakaruddin 2014
Kendaraan hias peserta Jakarnaval 2014. Foto oleh Carl Fakaruddin 2014
Terlepas dari sedikit kekurangan yang ada,  penulis berharap kedepannya Jakarnaval akan lebih tertib dan teratur lagi. Sehingga lebih banyak lagi wisatawan domestik atau manca negara yang menjadikan Jakarnaval sebagai even yang harus mereka kunjungi. Selamat ulang tahun buat Jakarta!!! Ditunggu Jakarnaval 2015 yang lebih meriah.

3 komentar:

moch hamdani mengatakan...

ternyata keseruan Jakarnaval membuat aku pngn melihatnya.. jadi gk sabar pngn nunggu Jakarnaval 2015.. :D

Anonim mengatakan...

wahah paradenya seru banget tuh kayaknya jadi pengen ikutan deh

Anonim mengatakan...

wih kerenn kak paradenya ^^